Selasa, 12 April 2011

Mencontek (+/-) ?

Oleh Azam_Arfa
Hal yang sangat tidak hemat, "Mencontek". Sebenarnya siapa sih penemu metode mncontek ini? Ko yang menggunakan metode ini banyak sekali? Ehmmmmmm... Mungkin termasuk saya salah satunya. Dalam kaitannya dengan mencontek, saya bagi menjadi dua kategori, (1) Mencontek yang baik dan (2) Mencontek yang tidak baik, namun kali ini saya ingin membahas pada poin satu saja.

Mencontek yang baik maksudnya, saat kita meniru aktivitas positif orang-orang di sekitar kita. Seperti kebiasaan tegur salam, membaca, diskusi, olahraga, dll. Tentu kegiatan positif lain yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Konotasi mencontek terkadang selalu berpangkal pada hal-hal yang negatif, padahal tidak selalu. Bagi saya kegiatan mencontek itu tergantung dalam hal apa dia melakukannya.

Mungkin karena kita terlalu sering mendengar atau bahkan mengaplikasikannya dengan yang konotasi negatif (ketika ujian menciontek) sehingga mencontek selalu menjadi hal yang sangat negatif dalam telinga kita. Bayangkan saja, betapa rumitnya ketika kita melakukan metode mencontek dalam konotasi negatif ini. Kita harus berbohong dan mempersulit hal yang seharusnya itu mudah dan cepat. Misalnya saja saat akan mencontek saat ujian, waktu yang sebenarnya membutuhkan waktu 1-2 jam, karena mencontek, waktu yang seharusnya cukup menjadi sangat kurang. Rugi dan rumit bukan? Sudah rugi dan rumit, ga berkah juga hasil yang kita peroleh. bahkan kalau kata guru saya, "Yang diconteki sama-sama ga bisa" Duuuuuhhhhh jadi tambah rugi deh.

Bukankah lebih baik kita memanfaatnkan mencontek itu untuk hal yang baik? Seperti contoh sebelumnya, mencontoh orang yang rajin membaca, misalnya. Bukankah ini akan menjadi sebuah keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain. Sesungguhnya mencontek itu tidak selalu berkonotasi negatif lho.... Yang penting kita tidak menggunakannya untuk yang negatif. betul tidak???

Oke kali ini sedikit saja lah, semoga bermanfaat...
Selamat ujian saudaraku...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Deals